Cara Cek Artikel di Index oleh google

Belakangan ini banyak orang yang ingin menjadi seorang blogger, karena dengan blog mereka bisa menyalurkan hobi dan pengalamannya dengan menulis dan disebarkan kepada orang-orang yang membutuhkan ilmu yang kita punya, namun tidak sedikit orang yang memanfaatkan ilmu atau pengalamannya di blog agar menghasilkan uang,

Bagi sebagian orang khususnya yang baru masuk ke dunia blog kadang bingung apakah artikel yang sudah dibuat sudah bisa diakses di mesin pencarian oleh orang lain?.. Karena ketika selesai membuat sebuah artikel dalam blog tanpa mengikuti proses selanjutnya google tidak akan merespon artikel tersebut, dengan kata lain artikel hanya akan menempel di blog tanpa terlihat oleh orang lain karena belum masuk ke google penelusuran.

Agar artikel dalam blog bisa muncul di mesin pencarian atau disebut index memerlukan tahapan-tahapan selanjutnya untuk memperkenakan hasil tulisan kita ke google dengan menggunakan webmaster atau search console google,, jika belum mengetahui bagaimana cara menggunakan fitur webmaster sobat bisa mencari di google karena kali ini saya akan membahas tentang bagaimana mengetahui bahwa artikel yang sobat buat sudah bisa ditemukan orang lain.

1.Webmaster/Google Search Console


Didalam Google Search Console terdapat fitur Liputan, disanalah sobat bisa mengetahui apakah artikel yang sobat buat sudah ada di mesin pencarian, jika status artikel sobat Valid maka sudah bisa terlihat di mesin pencarian atau dengan kata lain sudah ter index, namun jika berada di pengecualian maka artikel yang sobat buat mempunyai masalah dan untuk mengetahui masalah seperti apa, sobat bisa klik dibagian dikecualikan tersebut akan terlihat masalahnya dimana dan akan ada tampilan di bawah fitur index.

Jika artikel yang sobat buat berada di kolom Valid dengan peringatan mungkin masih bisa ditemukan dimesin pencarian, tetapi jika berada di dikecualikan maka dipastikan artikel tersebut tidak memenuhi kriteria google untuk kelayakan dan tidak akan bisa ditemukan di mesin pencarian. jadi segera untuk memperbaiki jika terjadi hal tersebut kepada artikel sobat.

2. Mesin Penelusuran / Google search


untuk mengetahui apakah artikel sobat sudah bisa ditemukan dimesin pencarian yaitu sobat bisa mengecek sendiri dimesin pencarian dengan menggunakan url sobat, namun yang perlu diperhatikan jika ingin mengetahui hasil yang real sobat harus menambahkan kata SITE: agar google akan khusus mencari blog sobat tanpa menghawatirkan blog orang lain terlihat yang mengakibatkan susahnya sobat untuk mencari dimana blog sobat berada.

dengan menggunakan site: juga sobat akan mengetahui berapa jumlah artikel dan apa saja artikel yang sudah bisa di temukan di mesin pencarian, dan bukan cuma blog sobat saja yang dapat dilihat namun blog orang lain pun bisa sobat lihat dengan menggunakan cara tersebut dan akan menampilkan keseluruhan blog orang lain tersebut.

Kesimpulan: Jika kedua cara tersebut sudah sobat praktekan dan hasilnya ada dimesin pencarian tetapi jika tidak menggunakan site: atau sobat langsung mengetik blog sobat dan tidak ditemukan dimesin pencarian,,mungkin bukan tidak ditemukan tetapi blog atau artikel sobat berada jauh dibawah artikel orang lain. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Cek Artikel di Index oleh google"

Post a Comment

Semoga bermanfaat hehehe