Kewajiban Cleaning Service Rumah Sakit

Pada dasarnya pekerjaan cleaning service adalah memberikat pelayanan kebersihan dan perawatan di sebuah gedung atau bangunan indoor maupun outdoor agar terjaganya kehigienisan dan kerapihan.

dalam standar prosedur ( SOP ) cleaning service yang beralokasi dimana saja tidak berbeda jauh, mulai dari cara pembersihan furniture, perawatan lantai dan sebagainya  baca selengkapnya..Sop Cleaning Service

Namun ada faktor-faktor lain yang berbeda dan wajib diketahui sebagai cleaning service yang bekerja di area tertentu, seperti perbelanjaan, perhotelan, rumahsakit, industri dan yang lainnya.

jadi belum tentu jika kita mempunyai pengalaman cleaning service di perhotelan akan mudah bekerja kembali di cleaning service rumah sakit dan begitupun sebaliknya.

Cleaning Service Rumah Sakit


selain standar pembersihan, seorang cleaning service rumah sakit juga wajib mengetahui standar yang berlaku di sebuah rumahsakit, diantaranya

  1. Membedakan sampah medis dan non medis klik disini 

seorang cleaning service rumahsakit wajib mengetahui tentang perbedaan sampah medis dan non medis, pentingnya hal tersebut berkaitan dengan banyak nya orang yang sakit agar terhindar dari infeksi.

      2. Cara Membersihkan sampah infeksius klik disini


berbeda dengan pembersihan noda atau sampah lainnya, sampah infeksius harus mempunyai cara pembersihan yang khusus. karena dari sampah atau pun noda itu sumber penyakit yang akan ditularkan terutama jika menemukan noda darah.

      3. Pembersihan Tangan ( Hand Hygiene )


jika seorang cleaning service rumah sakit sudah melakukan pekerjaan yang di hadapkan dengan infeksius, wajib untuk membersihkan tangan walaupun dalam proses pengerjaan memakai sarung tangan. pencucian tangan sendiri mempunyai dua cara:
  • Hand rub adalah membersihkan tangan dengan menggunakan cairan berbasis alkohol dengan pengerjaan 20 sampai 30 detik. handrub sendiri bisa dilaksanakan jika tangan yang akan dibersihkan dengan keadaan tidak kotor. dengan kata lain fungsi handrub untuk mensterilkan tangan dari kuman meski terlihat bersih oleh kasat mata.
  • Hand Wash adalah membersihkan tangan dengan menggunakan air mengalir dan sabun cuci tangan. untuk standar waktu pengerjaan 30 sampai 60 detik. Handwash ini wajib diketahui dan dilaksanakan oleh seorang cleaning service yang sering berinteraksi lansung dengan noda dan sampah infeksius

     4. Kode - Kode Emergency


di rumah sakit sendiri jika terjadi hal-hal yang bersifat emergency, tidak diperbolehkan menyebut hal emergency tersebut secara langsung, karena akan menimbulkan kepanikan pengunjung. berikut kode - kode emergency rumah sakit:
  • Kode Yelow adalah sebuah kode keadaan emergency internal rumahsakit
  • Kode Orange adalah sebuah kode keadaan emergency eksternal rumahsakit
  • Kode Red adalah kode jika terjadi kebakaran
  • Kode Blue adalah kode jika terjadi emergency medis seperti pingsan
  • Kode White adalah kode jika terjadi tindak kekerasan atau keributan
  • Kode Green adalah kode evakuasi pasien jika terjadi bencana alam
  • Kode Pink adalah kode jika terjadi penculikan bayi
  • Kode Purple adalah kode evakuasi pasien jika adanya penyandraan
  • Kode Brown adalah kode krisis rumah sakit

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kewajiban Cleaning Service Rumah Sakit"

Post a Comment

Semoga bermanfaat hehehe