Etika Komunikasi Petugas Cleaning Service

Cara Berkomunikasi Yang Baik Bagi Petugas Cleaning Service
Proses interaksi petugas cleaning service dalam menghadapi pasien maupun keluarga pasien dalam kegiatan pelaksanaan pembersihan ketika masuk ke dalam RUANG RANAP ( rawat inap pasien ). Sehingga terwujudnya komunikasi yang asertif dengan pasien maupun keluarga pasien.

  1. Ketika Masuk Ke Ruangan

Pertama Wajib bagi petugas untuk mengetuk pintu terlebih dahulu sebelum masuk, bertujuan untuk meminta ijin membersihkan ruangan

Contoh : Asalamualaikum....Selamat Pagi/Siang/Sore/Malam.. Bapak Ibu mohon maaf, Saya ...( sebutkan nama) dari petugas cleaning service meminta ijin untuk membersihkan ruang, mohon maaf sekali bila mengganggu.

      2. Ketika Memindahkan Barang dan Meminta orang pindah posisi


Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pembersihan, ketika akan melakukan proses dusting,sweeping maupun moping usahakan barang furniture maupun pribadi pasien dipindahkan agar area dibawah bisa dibersihkan

Contoh : Mohon Maaf Bapak Ibu, boleh saya angkat/geser dipindahkan sementara meja/kursi dan (barang pasien) ini untuk mempermudah pembersihannya.

Contoh : Mohon Maaf Bapak Ibu, Kalau boleh Bapak Ibu duduknya dipindah sebentar kesebelah sana, sementara saya membersihkan tempat ini.

Contoh : Terimakasih banyak Bapak Ibu, Sudah selesai dibersihkan,, silahkan duduk kembali.

      3. Ketika Akan Meninggalkan Ruangan Pasien


Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan maupun kekurangan dalam pembersihan yang mengakibatkan menurunnya kepuasan pasien sebaiknya ketika selesai pembersihan untuk pamit terlebih dahulu sebelum keluar dari ruangan pasien.

Contoh : Baik Bapak Ibu,, saya telah selesai melaksanakan pembersihan ruangan, Barangkali masih ada yang bisa saya bantu?..Kalau tidak ada lagi..saya ijin pamit, apabila bapak ibu perlu bantuan saya, Bapak Ibu dapat menghubungi perawat di counter perawat,.. Terimakasih,, Wasalamualaikum..


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Etika Komunikasi Petugas Cleaning Service"

Post a Comment

Semoga bermanfaat hehehe